Dulu kamera menjadi barang yang sulit dijangkau. Hanya segelintir saja orang memiliki kamera. Setelah handphone menjadi barang yang mudah diperoleh dengan diluncurkannya android, tiba-tiba semua orang sekarang memegang kamera di tangannya.
Tidak cukup sampai disitu, konsumsi konten pun mengalami pergeseran yang bisa dibilang revolusioner. Sekarang mungkin tidak lebih banyak yang menonton televisi dibandingkan Youtube.
Yah paling tidak 50:50, apalagi gen-X dan gen-Z sudah mulai mendominasi menggeser baby boomers dan milleanials.
Ini menjadi perhatian penting para pabrikan kamera dan juga smartphone untuk menguasai pasar. Mereka berlomba-lomba mengeluarkan produk yang memiliki keunggulan pada kamera dan video.
Siapapun bisa berekspresi. Itulah keajaiban vlog. Orang kampung pinggiran yang tidak mungkin masuk TV bisa tiba-tiba menjadi milyarder dengan vlog, dengan memasang video kreatif mereka di youtube dan mendapatkan komisi.
Vlogger tubuh berjamuran, meninggalkan televisi-televisi berdebu digantikan dengan tontonan di genggaman tangan, kapan saja dimana saja.
Bagaimana kedepannya. Kamera khusus vlog akan semakin menjamur. Content video akan menjadi idola baru setelah sebelumnya foto atau gambar di instagram mengambil alih content blog.
https://rumorkamera.com/review-kamera/kamera-untuk-vlog-2020-dan-cara-memilih-yang-terbaik/