Hi Co.Creators! Sudah ada yang nyobain fitur Reels di Instagram yang baru dirilis di Indonesia pada akhir Juni lalu? Hayo, pasti banyak yang berpikiran Instagram Reels ini mirip TikTok, kan?
Yup, fitur Reels memang mirip banget sama TikTok, tapi fitur ini wajib kamu coba untuk personal branding atau brand bisnis kamu lho! Kali ini, tim Co.Create ingin berbagi mengenai tips dan trik bikin konten Instagram Reels yang engaging. Apa saja? Yuk langsung simak.
1. Rancang Storyboard Instagram Reels Kamu
Instagram Reels merupakan konten video pendek berdurasi 30 detik yang dapat disisipi musik di dalam kontennya. Kamu bisa mulai dengan membuat konsep dan menentukan tujuan dari posting-an Reels kamu. Misalnya, apa yang hendak kamu sampaikan pada followers dari melihat konten Reels kamu. Setelah kamu memahami apa yang menjadi call to action konten kamu, mulailah membuat short list plan storyboard konten Reels kamu.
2. Bikin Konten yang Mudah Diikuti Followers atau Menginsiprasi
Sama kayak TikTok, Instagram juga berharap lebih banyak konten challenge yang menginspirasi yang bisa diikuti oleh followers. Sebagai contoh “Shoe Transition Challenge” dan #DribbleBeatChallenge yang dibuat content creator Crissa Jackson di posting-an ini. Challenge ini sederhana, kreatif, dan sangat menarik untuk diikuti.
3. Bikin Konten Unik dan Original
Jadikan konten Reels kamu unik dengan format dan tema yang konsisten, sehingga followers bisa langsung mengenali konten kamu. Misalnya, kamu bisa mulai setiap Reels kamu dengan sebuah pertanyaan dengan beberapa teks, kemudian masuk ke “ungkapan”. Atau mungkin kamu bisa bikin konten dengan menggunakan filter atau film tertentu dari sudut tertentu.
Berikut salah satu contoh yang menarik dari seorang content creator, yaitu Christina,
[embed: https://www.instagram.com/reel/CQRPdRAqj_i/?utm_medium=copy_link]
Dan contoh lainnya, konten yang dibuat oleh makeup artist, yaitu Monica.
[embed: https://www.instagram.com/p/CJoY3T3JQwf/]
4. Bikin Konten Pakai Teknik Storytelling
Storytelling sangat dibutuhkan untuk semua proses marketing dan cerita itu harus mengalir sampai followers sadar bahwa itu hanyalah sebuah konten. Kamu bisa mencontoh content creator ini, yang menceritakan kisah “Generasi Kita” yang menggunakan outfit dan diambil dari berbagai angle yang berbeda.
[embed: https://www.instagram.com/p/CGDiUznHv7a/]
Dengan menambahkan caption “our generations”, dia membuat penonton menjadi bagian dari cerita, tapi gak memberikan akhir cerita pada caption itu.
Nah, kamu jadi kebayang bakal bikin konten Instagram Reels seperti apa, kan? Terakhir, ada bonus tips tambahan nih. Kalau kamu mau memindahkan konten TikTok kamu ke Instagram Reels, pastikan sudah menghapus watermark TikTok-nya ya. Karena Instagram gak menyukai watermark TikTok. Kamu bisa menggunakan aplikasi TikTok downloader seperti ini atau ini. Sebenarnya ada aplikasi lainnya juga sih, kamu tinggal googling “TikTok downloader without watermark” untuk mengunduh video TikTok kamu tanpa ada watermark di dalamnya. Kalau kamu punya ide konten menarik lainnya yang bisa dibikin di Instagram Reels, silakan tulis di kolom komentar ya!