Halo Co.Creators!
Dalam tiga tahun pertamanya, Jenius sudah mendapatkan “panggung” di dunia perbankan. Rekomendasi pun terus menghampiri di seluruh media sosial.
Selama ini ngikutin thread dan ide di Co.Create dan selalu hot jika ada pembahasan mengenai investasi maupun kategorisasi spending.
Lalu apa yang akan saya bahas? INVESTASI
Saat ini masyarakan semakin melek dalam me-manage dana yang dimiliki yang berbanding lurus dengan semakin banyaknya financial advisor di media sosial. Masyarakat rela mengeluarkan uang untuk meningkatkan literasi keuangan masing-masing baik melalui workshop, jasa advisor, ataupun sekadar membeli buku.
Lalu apa yang dapat dilakukan oleh Jenius saat ini untuk mendukung literasi keuangan?
1. Mulai dari dalami karakteristik Nasabah Jenius saat ini dengan memanfaatkan Big Data dan Business Intelligence. Apa yang dicari? Mulai dari profiling, kecenderungan spending dan saving, keterkaitan/korelasinya dengan kemampuan berinvestasi. Dari tahap ini, kita dapat mengetahui siapa saja Nasabah yang memiliki simpanan dengan jumlah yang lumayan beserta kecenderungan profilnya untuk dibuat model.
2. Buat survei ke Nasabah mengenai ekspektasi, pendapat, dan pengalaman Nasabah dalam berinvestasi. Dari tahap ini kita mendapatkan validasi kualitatif mengenai profiling yang sebelumnya telah dilakukan beserta insight ekspektasi dari Nasabah
3. Jika produk sudah ready, buat konten di media sosial mengenai fitur yang akan di launching (tidak secara langsung memberi tahu bahwa akan ada fitur investasi terlebih dahulu). Dapat dimulai dengan edukasi berupa infografis, video, maupun Jenius Live bersama financial advisor.
4. Seperti yang sudah dijalankan oleh Jenius selama ini, focus on people rather than product. Manfaatkan interaksi dalam pengalaman berinvestasi Nasabah Jenius melalui IG Story.
5. Jika sudah mendekati hari peluncuran produk, build a suspense! Bisa menggunakan Brand Advocator yang istilahnya “secara tidak sengaja” membocorkan sedikit tampilan fitur tersebut dalam aplikasi Jenius. Sehingga pada akhirnya akan menciptakan exposure dan perbincangan isu di followers-nya.
6. Pada saat launching, adakan event di beberapa titik yang memiliki crowd sesuai dengan profil persona produk investasi tersebut. Bisa di perkantoran, perkuliahan, maupun pusat perbelanjaan.
7. Setelah lanching, buat challenge dalam penggunaan produk investasi ini. Bisa berupa milestone yang pada akhirnya dapat ditukarkan menjadi merchandise Jenius Investasi.
8. Dan yang terakhir, get people talking about your product. Bisa membuat template ig story, picture ribbon, ataupun sharable content.
Sekian ide dari saya, semoga berguna dan berhasil mendapatkan totebag unyu-unyu itu :3
Terakhir, terima kasih banyak Jenius 😘