Dilansir dari twit Adam Mosseri, Head of Instagram, Instagram bukan aplikasi yang berfokus buat membagikan foto lagi. Dalam posting-annya di akun Instagram dan Twitter, Mosseri menyampaikan bahwa Instagram sudah mulai bersandar ke entertainment dan video setelah melihat keberhasilan pesaing seperti TikTok dan YouTube.
Mosseri juga menjelaskan beberapa perubahan dan eksperimen mendatang yang akan dilakukan Instagram, termasuk menunjukkan rekomendasi pengguna untuk topik yang gak mereka ikuti, serta membuat video lebih imersif dengan menawarkan pengalaman layar penuh.
“Kami baru-baru ini mendengar eksperimen Instagram dengan penambahan algortime di main feed. Aplikasi ini juga akan memiliki pengalaman video layar penuh sementara waktu untuk konten yang di-posting ke IGTV, Reels, dan Stories.” Mosseri juga mengatakan Instagram ingin “merangkul” video secara lebih luas lagi.
Changes are coming to video on Instagram 📺
At Instagram we’re always trying to build new features that help you get the most out of your experience. Right now we’re focused on four key areas: Creators, Video, Shopping and Messaging. pic.twitter.com/ezFp4hfDpf
— Adam Mosseri 😷 (@mosseri) June 30, 2021
Pesan yang disampaikan Instagram jelas: gak mau kepingin dianggap sebagai “aplikasi berbagi foto” seperti yang dikatakan Mosseri, melainkan sebagai aplikasi hiburan umum yang didorong oleh algoritme dan video Namun, saat ini, belum jelas bagaimana Instagram berencana melakukan hal tersebut, dan apakah itu akan meningkatkan dan berinovasi pada fitur yang dipopulerkan oleh aplikasi kayak TikTok atau hanya membuat sesuatu dengan beberapa penyesuaian Facebook.
Jadi, gimana nih menurut kamu? Bisa tebak gak Instagram bakal bikin inovasi kayak apa?