Kemaren siang, saya berkesempatan untuk menghadiri acara Co.Create x Daya.id yang diadakan di Menara BTPN lantai 18. Gedung Menara BTPN ini terlihat sangat megah dan gagah berdiri dibanyak gedung pencakar langit lainnya, dan serunya lagi ketika memasuki Menara BTPN kita akan disuguhkan environment yang nggak biasa yaitu bantal santai, pegawai yang bebas memakai pakaian apapun, dan estetika ruangan yang buat kita betah dan nyaman berlama-lama didalamnya.
![](https://jenius-cocreate.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/assets/2018/12/04231349/Co.Creators-dengan-kak-Iphann.jpg)
Oh iya, FYI nih, Jenius sebentar lagi akan berulang tahun yang ke-3 di tanggal 11 Agustus 2019 nanti. Dan juga waktu acara saat itu, Kak Ivan berhasil membawa Co.Creators untuk mendalami history Jenius dengan baik termasuk di bagian Jenius Development Cycle, dimana secara garis besarnya, pihak Jenius bersama Digital Savvy melalui tahapan yang dinamakan Review, selanjutnya diperkuat dengan tahap Research, tahap Product Development, Pilot, dan akhirnya Product Launch.
Daya.id = Pemberdayaan Bisnis secara Digital
Daya.id sendiri mulai ada sejak tahun 2011 lho, dijelaskan oleh Kak Indra, Daya.id hadir sebagai Digital Empowerment atau Pemberdayaan Digital yang memiliki slogan “Do Good Do Well”. Di Daya.id sendiri kita dapat bertanya kepada ahli-ahli dalam bidang bisnis dan kesehatan. Kabar baiknya, berdasarkan permintaan purnabakti, Daya.id bersedia menyediakan ahli kesehatan di bidang jamu-jamuan. Selain bertanya kepada ahli yang akan dijawab dalam 2×24 jam, Daya.id memiliki fitur seperti artikel-artikel di topik bisnis, kesehatan, keuangan, serta peluang-peluang ada yang dibagikan cuma-cuma oleh pihak Daya.id.
Fundamental Bisnis yang Benar
Acara Co.Create x Daya.id kali ini menghadirkan Business Coach Ari Handojo, seorang expert dengan 25 tahun pengalaman sebagai Trainer dan 10 tahun pengalaman sebagai Excecutive & Business Coach. Sebenarnya masih banyak pencapaian beliau yang masih bisa dijabarkan tapi kalian bisa cek cek disini untuk selengkapnya. Dijelaskan oleh beliau, ada 3 stages dalam berbisnis yaitu: start, grow, dan expand. Lebih lanjut, alasan membangun Fundamental Bisnis penting bagi para pelaku bisnis, alasan ini terbagi kedalam tiga garis besar yaitu:
1. Memulai dengan benar akan membantu kelangsungan usaha kita (planning and action)
2. Membuat usaha lebih profitable.
3. Lebih mudah dalam membangun usaha yang lebih besar lagi.
Disebutkan juga bagian yang membedakan antara bisnis dan dagang, hal pertama yang penting dalam mulai berbisnis, pilar dalam berbisnis, fundamental sebuah usaha, dan terakhir business assasement / radar bisnis.
Saya coba jabarkan ulang setiap bagian ya. Pertama, yang membedakan antara bisnis dan dagang ialah bahwa bisnis memiliki tujuan yang jelas, model bisnis yang selalu diperbarui, memiliki sistem yang jelas, dan pembagian tugas bagi setiap orang dengan jelas. Dalam mulai berbisnis, hal pertama yang penting untuk dipertimbangkan ialah apakah produk atau jasa kita membantu menyelesaikan masalah orang lain yang artinya terdapat dua pilihan yaitu orang membutuhkan sesuatu, kita memberikan solusinya, dan pilihan kedua yaitu kita memberi solusi, orang datang membutuhkan. Dua pilihan ini yang dinilai paling aman ialah pilihan pertama. Selanjutnya, dalam beradanya Great Business, didasari oleh 8 pondasi yaitu sales, marketing, operation, finance, accounting, HRD, business development, dan IT. Sales sendiri memiliki tujuan yaitu memaksimalkan orang untuk membayar produk yang kita sediakan, marketing berujuan create pelanggan fanatik. Perbedaan pelanggan loyal dan fanatik yang dijelaskan oleh pak Ari Handojo ialah bahwa pelanggan loyal akan selalu membeli produk kita meskipun muncul produk-produk serupa, berbeda dengan pelanggan fanatik (fan boy/girl), mereka selain selalu membeli produk kita juga memaksa orang lain untuk mengganti produk serupa dengan produk kita. Finance bertujuan memaksimalkan laba, operation bertujuan memaksimalkan proses atau mengefesiensikannya, accounting bertujuan untuk membuat data yang akurat sehingga menciptakan keputusan yang tepat, sisanya merupakan pondasi yang diperlukan jika bisnis telah bertumbuh besar. Makna Great Business sendiri ialah bisnis yang profitable dan sustainable. Bagian selanjutnya ialah fundamental sebuah usaha yang dibagi menjadi leadership, model bisnis, arah tujuan perusahaan, goal perusahaan, dan proyeksi laba rugi usaha. Dalam leadership hal yang penting ialah think Big, act small. Tujuan think Big ialah untuk menginspirasi karyawan kita sehingga selalu giat bekerja dan tentunya menginspirasi kita sendiri untuk mencapai target tersebut. Bagian terakhir ialah Business Assasement atau Radar Bisnis yang dibagi menjadi keuangan, SDM, Operasional, Pemasaran, Penjualan, dan Bisnis Model. Seluruh cakupan alat untuk mengetahui kondisi kesehatan bisnis yang sedang dijalani ini dijawab di Daya.id melalui pemberian saran solutif alternatif yaitu Tanya ahli, Artikel, dan Video E-Learning. Tunggu apa lagi? Segera daftar akunmu di Daya.id dan dapatkan sejuta manfaat untuk berbisnis dengan lancar, baik, dan sehat.