Mengelola keuangan bisa jadi pekerjaan full-time, dan bagi orang lain, mendampingi orang-orang dalam mengelola keuangan mereka merupakan pekerjaan full-time 😀
Meskipun ada hal lain yang harus kita sering lakukan (seperti memantau anggaran bulanan dan memastikan sudah bayar seluruh tagihan). Hal lainnya hanya perlu sekali setahun (seperti memenuhi pajak).
Namun seiring berjalannya waktu dimana kita semakin sibuk, beberapa hal yang dilakukan setahun sekali sering kali kita abaikan. Maka dari itu, berikut beberapa hal yang dapat dimasukkan kedalam checklist atau to-do-list yang sering terjadi dari tahun ke tahunnya.
1. Penuhi Pajak Penghasilan
Kita sadar sebagai WNI yang taat maka kita perlu membayar pajak. Mungkin tugas ini terlihat nggak asik, tapi mengumpulkan seluruh hal yang diperlukan akan membuat hidup jadi makin mudah. Dengan mengoptimalkan waktu maka kita punya waktu untuk mengecek dan mengecek ulang.
2. Periksa Keuangan Tahunan
Sebelum kita mencapai goal untuk tahun berikutnya, kita perlu menganalisa keadaan sekarang. Adakan pemeriksaan keuangan tahunan. Berapa penghasilan bersihmu? Dimana kita ingin mencapai goal keuangan dibanding tahun lalu? Apa perkembangan baru yang hadir dikeuangan kita sesudah tahun lalu? Cobalah luangkan waktu untuk memeriksa keuangan tahunan ya.
3. Atur Goal Keuangan Baru
Untuk tetap semangat mencapai goal keuangan baik untuk jangka pendek dan jangka panjang, kita harus meninjau setiap awal tahun dan buatlah perubahan. Apakah kita memenuhi salah satu goal tahun lalu? Apa perlu kita merevisi skala prioritas dari goal yang sudah ada?
4. Atur Anggaran untuk Tahun Berikutnya
Situasi berubah sejalan dengan berlalunya tahun, dan anggaran baru yang hadir berdampingan dengan goal baru kita akan menjadikan kita tetap fokus. Lakukan hal ini setelah kita selesai dengan goal keuangan.