Halo, saya Panji.
Saya ingin membagikan pengalaman melakukan unlink device dan login ke Jenius melalui device baru.
Prosesnya cukup cepat. Saya telepon CS jam 9 malam, meminta untuk unlink device, keesokan paginya, pukul 9.30, saya mendapat notif via e-mail bahwa akun Jenius telah di-unlink dari device yang lama.
Sebelumnya melakukan unlink device, saya sempat membaca thread di sini https://www.cocreate.id/forums/topic/layanan-unlink-device-via-customer-support-merugikan/. Keluhan & pengalaman user lain yang pernah melakukan unlink device saya jadikan pelajaran.
Berikut persiapan sebelum melakukan unlink device
- Instal Jenius App di device baru (Aplikasi Jenius masih terinstal di device lama). Device baru dan lama yang saya gunakan adalah HP Xiaomi dengan model berbeda)
- Karena sempat ada keluhan unlink device memerlukan waktu beberapa hari, saya amankan dana yang saya simpan di Flexi Saver ke rekening lain terlebih dahulu. Untuk jaga-jaga saja
- Menyiapkan data diri yang ada di Aplikasi Jenius. Mulai dari e-mail, alamat korespondensi, sampai NPWP. Ini saya siapkan karena sempat ada keluhan bahwa user ditanya apakah pernah upload NPWP atau tidak
Saya ingin menggarisbawahi bahwa, belajar dari pengalaman user lain, persiapan dan proses unlink device tidak saya lakukan dalam kondisi terburu-buru. Saya pastikan bahwa saya tidak perlu melakukan transaksi dalam beberapa waktu ke depan sampai dengan proses unlink device selesai.
Proses unlink device (via CS Jenius Connect)
- Saya menelepon CS Jenius di nomor 1500 365. Pada awalnya, saya berbicara dengan CS, lalu dialihkan ke Jenius crew yang akan menangani proses unlink device. Hal-hal yang diverifikasi saat itu meliputi nomor kartu ATM (m-Card), transaksi terakhir yang saya lakukan & nominalnya, nomor NPWP yang saya upload, alamat korespondensi. Hal normal ketika kita melakukan verifikasi data di bank
- Proses verifikasi berlangsung selama 10 menit. Di akhir pembicaraan, Jenius crew mengingatkan untuk tidak membagikan informasi pribadi kita ke pihak lain
- Keesokan harinya, pkl 9.30 saya mendapat e-mail notif bahwa proses unlink telah berhasil. Saya lanjutkan login Jenius di device baru. Selesai!
Kesimpulan
Masukan untuk user Jenius dan Bank BTPN
- Persiapkan data diri sebelum melakukan unlink device via CS
- Sebaiknya ada fitur device management yang memungkinkan Pengguna migrasi akun secara mandiri ke perangkat baru, seperti di aplikasi One Mobile yang juga saya gunakan
- Saya ingin mengapresiasi Jenius crew yang saat itu membantu hingga proses unlink device berjalan lancar
Semoga tulisan ini bermanfaat!