“Janji deh bakal setop di episode ini, baru besok lanjut lagi nonton series-nya…”
Pasti di antara kalian ada yang pernah mengalami hal kayak begini karena tergoda mengeklik button Next Episode di fitur kanan bawah Netflix yang akhirnya membuat kita menghabiskan waktu berjam-jam untuk nonton sajian Netflix lainnya. Lantas, kenapa sih Netflix bikin ketagihan penggunanya?
Dalam Tech Monday Updates lali ini, kita akan membahas sedikit beberapa alasan Netflix bisa bikin kita ketagihan untuk lanjut nonton konten-konten mereka lainnya. Apa saja? Yuk disimak.
Fitur Sederhana dengan Dampak Signifikan
Belum tau bakal nonton apa di Netflix? Klik aja fitur “Play Something”. Kalau kamu login di Netflix akhir-akhir ini, mungkin kamu menyadari bahwa Netflix menghadirkan fitur baru, yaitu “Play Something”. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menikmati konten secara acak tanpa perlu melakukan pencarian.
Ada saat-saat ketika kita ingin mengakses Netflix dan langsung dapat menikmati cerita baru sehingga gak membuat kita lama berpikir, “Mau nonton konten apa ya hari ini?” Ini alasan mengapa Netflix menghadirkan fitur ini. Simpel sih, tapi ternyata signifikan banget ya dampaknya untuk memudahkan para pengguna.
Fitur Autoplay, Fitur yang Genius!
Walaupun beberapa orang menganggap fitur Autoplay menjengkelkan dan meminta opsi untuk menghapus fitur ini, harus diakui bahwa Autoplay adalah fitur yang genius. Bukan hanya mempersempit pilihan pengguna, tetapi juga menghilangkan keputusan yang diperlukan untuk melanjutkan menonton atau gak lanjut menonton. Dengan meluncurkan episode berikutnya secara otomatis saat kredit episode sebelumnya berjalan, Netflix menyingkirkan tindakan penonton untuk memutuskan apakah akan meluncurkan episode baru atau gak! Hal ini yang biasanya membuat penonton gak berhenti untuk melanjutkan series atau pilihan konten selanjutnya yang dihadirkan secara otomatis.
Remind Me, Please!
Biasanya beberapa daftar konten yang akan rilis dalam waktu dekat selalu dimunculkan di fitur Coming Soon. Ketika melihat ada series atau film yang menarik dan ingin kamu tonton segera tayang di Netflix, kamu bisa menekan tanda lonceng “Remind Me” untuk mendapatkan notifikasi bahwa series ataufilm tersebut sudah dapat ditonton.
Terus, kalau kamu kebetulan menonton series dan gak bisa ingat di mana tepatnya berhenti, Netflix menunjukan di mana kamu berhenti dan memungkinkan kamu menonton dari sana dengan satu klik. Ini bikin penggunanya jadi gak mikir, “Kemarin aku nonton film ini sampai mana, ya?”
Dengan adanya fitur ini, jelas banget Netflix benar-benar dirancang untuk relaksasi dan hiburan dengan desain yang mendorong penggunaan fungsi otak sesedikit mungkin, alias gak bikin otak kita mikir-mikir banget deh.
Fitur Pencarian yang Ramah Pengguna
Kalau dibandingkan dengan layanan online streaming lainnya, Netflix termasuk keren dalam hal fitur pencarian. Algoritma mereka sangat efisien. Hanya dengan mengetik beberapa kata kunci yang berkaitan dengan konten yang ingin ditonton oleh penggunanya, maka semua judul series maupun film yang berkaitan dengan kata kunci tersebut akan keluar.
Bahkan, kalau kamu gak bisa mengingat nama film tetapi mengingat aktor utama, kamu bisa mengetikkan nama mereka dan film tempat mereka bermain, maka judul filmnya akan muncul. kalau gak ada yang ditemukan, Netflix akan memberikan kamu rekomendasi berdasarkan pencarian kamu. Singkatnya, algoritma pencarian mereka memastikan bahwa setiap judul memiliki peluang untuk muncul dan mengarah untuk di-PLAY.
Tampilan Beranda yang Dipersonalisasi Bagi Penggunanya
Beranda Netflix menyajikan judul yang cenderung beresonansi dengan orang yang menonton. Berdasarkan apa yang kamu tonton, Netflix akan merekomendasikan lebih banyak judul serupa. Netflix sangat bergantung pada data untuk membuat UX yang lebih personal.
“Netflix seeks to create a fully personalized homepage experience, one that offers movies and TV shows that are relevant to each member’s full palate of tastes can fit the member’s current mood and context, and surfaces some surprises that bring unexpected joy. To do this, we view the whole page as a canvas where we can personalize everything we show. We start by choosing videos to recommend that are likely to resonate with a member. We then organize those videos into personalized rows so they can quickly locate what they are interested in. Then we personalize the artwork that we use to represent each video. Machine Learning is a crucial piece of this puzzle where we invent new algorithms that are online, collaborative, neural, Bayesian, bandit, or combinatorial to create pages that reliably lead to members finding something great to watch.”
Itulah fitur-fitur keren yang membuat kita sering ketagihan untuk nonton Netflix. Selain fitur-fitur di atas, menurut kamu faktor apa lagi nih yang bikin penggunanya menghabiskan waktu berjam-jam nonton konten-konten di Netflix? Ketik pendapat kamu di kolom komentar ya!