Potensi bisnis melalui aplikasi messaging semakin besar. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh LINE, 75 persen dari total 90 juta pengguna LINE rutin berbelanja minimal sebulan sekali, 10 persen di antaranya menggunakan LINE Shopping untuk berbelanja. Di sisi lain, besarnya potensi tersebut sejalan dengan tantangan yang dihadapi. Konsumen online kini menginginkan respon yang cepat dan transaksi yang lebih mudah. Keterlambatan sedikit saja mampu membuat mereka beralih ke alternatif lain.
Untuk menjawab kebutuhan tersebut Jenius berkolaborasi dengan LINE dalam talkshow “The Jenius Way to Grow Your Business” pada tanggal 3-4 April lalu di Lo.Ka.Si Space Bandung. Jenius, sebagai produk perbankan digital, berbagi solusi mekanisme pembayaran yang lebih praktis dan aman, berkolaborasi dengan LINE yang berbagi tips memaksimalkan bisnis online dan pemanfaatan Chatbot untuk kustomisasi pesan.
Kolaborasi ini menghadirkan Ivan Loviano, Digital Banking – Social Media Manager Jenius, Christa Sabathaly, Senior Business Manager LINE Indonesia bersama dua partner Chatbot LINE, yaitu Talkabot dan Robotika.
Manfaat fitur LINE@ untuk bisnis
Berbeda dengan LINE ID, LINE@ memungkinkan para pebisnis mengirimkan broadcast message mulai dari tiga ratus ribu hingga tiga juta chat. LINE@ juga memiliki fitur polling atau survei untuk membantu pebisnis mengetahui promo yang lebih cocok dengan keinginan konsumen.
Menurut Christa dalam membuat sebuah campaign atau promosi, pebisnis harus lebih dulu mengidentifikasi tujuan dan target promosi serta insight yang ingin didapat. Perlu diingat bahwa kegiatan promosi tidak bisa menjangkau semua segmen, dengan kata lain memberikan diskon cuma-cuma untuk semua target konsumen patut dihindari.
Pentingnya Chatbot untuk bisnis online
Bisnis online mengutamakan kemudahan dan kecepatan transaksi. Para konsumen menginginkan pengalaman yang santai serta komunikasi dan pelayanan yang cepat. Sedangkan dari sisi bisnis, kemampuan manusia dalam berkomunikasi dan membalas pesan konsumen bisa dibilang terbatas. Sering kali, komunikasi yang tertunda atau respon yang kurang cepat berujung pada beralihnya konsumen ke pilihan lain.
Robotika, salah satu partner LINE juga ikut menjelaskan mekanisme Chatbot kepada peserta.
Dengan bantuan Chatbot, pebisnis dapat berkomunikasi dan menjawab pertanyan konsumen dengan lebih cepat. Pebisnis bahkan bisa mengatur jawaban tertentu untuk setiap pertanyaan berulang. Berbeda dengan sistem Keyword Reply, Chatbot lebih kompleks. Ia bisa membaca kalimat, intention bahkan bahasa alay sekalipun. Menurut Christa, Chatbot lebih kearah kustomisasi pesan.
Jenius Pay sebagai solusi pembayaran
Selain komunikasi, mekanisme pembayaran juga harus diperhatikan. Oleh karenanya, demi mendukung kebutuhan dan inovasi bisnis online, Jenius juga menghadirkan Jenius Pay sebagai alternatif pembayaran yang lebih mudah dan aman. Ivan Loviano menjelaskan bahwa, dengan Jenius Pay pengguna hanya perlu menggunakan $Cashtag sebagai identitas pembayaran. Dengan dua langkah sederhana yaitu Request atau mengirim permintaan uang dan Pay atau membayar permintaan uang, transaksi bisnis online menjadi lebih mudah, praktis, dan cepat.
Ivan saat menjelaskan fitur-fitur Jenius.
Ivan juga menambahkan bahwa, pengguna tidak perlu khawatir akan penyalahgunaan $Cashtag, karena notifikasi OTP akan tetap dikirim melalui SMS. Sehingga bila ada transaksi mencurigakan, kendali sepenuhnya tetap ada di tangan nasabah. Selain itu, proses yang berlangsung bersifat real-time, jadi baik penjual atau konsumen gak perlu menunggu lama.
Acara hasil kolaborasi antara Jenius dan LINE@ ini diharapkan dapat mendorong bisnis lokal di Bandung berkembang lebih cepat. Bagi Christa, baik LINE@ maupun Jenius merupakan brand muda yang ingin menantang pasar. Ia melihat bisnis lokal Bandung sangat inovatif, sehingga besar harapan setelah acara ini, baik LINE, Jenius, dan teman-teman di Bandung dapat mengembangkan bisnis bersama-sama.
Bila kamu tertarik untuk berkolaborasi atau mengusulkan event bersama Jenius, kirimkan proposal atau idemu di sini ya!
Comments ( 0 )